Breaking News

SUNGAI DILAMPUNG

PERANAN DAN FUNGSI SUNGAI


Lampung Tengah -15/1/2018 - Di Indonesia terdapat banyak sungai tersebar diseluruh propinsi. Sungai-sungai itu ada yang bersifat permanen dan bersifat tadah hujan. Sungai memiliki peranan penting dalam kehidupan.
Di Propinsi Lampung terdapat sungai-sungai besar. masyarakat Lampung menyebut sungai dengan nama Batang aghi (A),Batang aghei (0) dan Wai. Sungai tersebut sebagian besar mengaiir kearah timur dan bermuara di Iautjawa misainya: Wai Sekampung yang alirannya melalui Kota Madya Metro dan Kabupaten Lampung Timur Wai Tulang Bawang Wai Mesuji berada di kabupaten Tulang Bawang.WaiPengubuan, Wai Seputih, Wai Terusan melalui Kabupaten Lampung Tengah. Wai Semangka mengaiir ke arah selatan dan bermuara di teluk semangka.

Daerah bagian timur Lampung sangat potensiai untuk dijadikan lahan pertanian berkat sungai-sungai besar potensi air sungai tersebut dimanfaatkan untuk mengairi sawah sawah. Sungai juga dimanfaatkan sebagai pembangkit Listrik contohnya Waduk Batu Tegi di kabupatenTanggamus sebagai sarana transportasi/ Angkutan misalnya sungai Tulang Bawang. Sebagai sarana rekreasi antara Iain Air terjun Wai Lalaan di kabupaten Tanggamus dan Air terjun Batu Putu di Gunung Betung Bandar LampungPemanfaatan sungai untuk perikanan dan wisata contohnya Waduk Wai Rarem di Kabupaten Lampung Utara.

Tidak ada komentar